Jumat, 15 Oktober 2010

Kuningan Kabupaten Konservasi

Kabupaten kuningan membuktikan keseriusannya dalam mencapai Kbupaten Konservasi. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai program yang diluncurkan oleh pemerintah kabupaten kuningan selalu berkaitan denga rehabilitasi dan perbaikan lingkungan, baik hayati maupun hewani, pembangunan Kebun Raya Kuningan yang terletak di wilayah Desa Padabeunghjar Kecamatan Pasawahan, merupakan salah satu bukti bahwa Kabupaten Kuningan sangat serius menjaga klestarian lingkungan dalam rangka penyelamatan dari ancaman global warming yang akhir-akhir ini telah meresahkan masyarakat dunia. Konon menurut para ahli global warming disebabkan kaerna salah satunya areal hijau di dunia ini telah rusak.

Indonesia yang merupakan paru-paru dunia karena 70% areal indonesia merupakan areal yang menurut penelitian para ahli kini tersisa 35% saja hutan Indonesia yang masih Produktif. Hal ini dikarenakan ulah-ulah manusia yang tidak mbertanggung jawab. Yang menjadi pertanyaan kenapa mereka tidak bertanggung jawab ? kita kembalikan lagi kepada perekonomian masyarakat kita yang memprihatinkan. Mereka merusak hutan untuk kepentingan perut. Bagaimanakah solusi yang harus di ambil jika hal ini telah terjadi ?

Pemerintah tentu harus menjadi penentu bagaimana hutan kita bisa selamat. Bebagai program yang pemerintah cenangkan tentunya harus membawa efek yang baik bagi masyarakat, jangan hanya beberapa program yang direncankan hanaya menguntungkan beberapa pihak saja,m sehingga masyarakat tetap saja berada dalam kondisi yang karut-marut. Seperti kita ketahui bersama konservasi merupakan pengertian mengenai upaya memelihara apa yang kita punya (keep/save what you have). Namun secara bijaksana (wise use). Ide ini di kemukakan oleh Theodore Roosevelt (1902) yang merupakan arang Amerika pwrtama yang mengemukakan tentang konsep konservasi. Sedangkan menurut Rijksen (1981), konservasi konservasi merupakan suatu bentuk dimana pada saat dulu, upaya konservasi lebih buruk dari pada sekarang. Konservasi juga dapat dipandang dari segi ekonomi dan ekologi dimana konservasi konservasi dari segi ekonomi berarti mencoba mengalokasikan sumberdaya alam untuk sekarang, sedangkan dari segi ekologi, konservasi merupakan alokasi sumberdaya alam untuk sekarang dan masa depan.

Kabupaten Kuningan yang secara terus-menerus berusaha untuk memelihara dan melestarikan lingkungan tentunya mempunyai pandangan jauh kedepan tentang keberadaan lingkungan yang merupakan salah satu elmen penting kehidupan kehidupan kita. Seperti air yang merupakan kebutuhan pokok manusia, jika lingkungan yang ada dibiarkan rusak maka lambat laun manusia akan sulit untuk mendapat air bersih.

0 komentar:

 
PUMBAKALA site's © 2009 By. Ahmad