Selasa, 27 Mei 2008

Tips Pendakian

1. Tips Merencanakan Rute Pendakian

* Jarak

Rata-rata pendaki bisa berjalan kira-kira 8 – 16 Km per harinya dengan membawa ransel yang penuh.

* Medan

Medan dan kondisi dari jalan setapak akan mempengaruhi kemampuan fisik seorang pendaki. Tambahkan atau lebihkan perencanaan waktu pendakian jangan dibuat pas-pasan.

* Hari Pertama

Hari pertama dialam bebas, merupakan hari penyesuaian dan membiasakan diri dengan ransel, sepatu dan gerakan fisik. Jika sudah lama tidak melakukan pendakian sebaiknya melakukan latihan fisik sebelumnya.

* Hari Istirahat

Pada gunung yang mempunyai jalur pendakian yang cukup panjang, ada baiknya menambah satu hari untuk bersantai agar tubuh tidak terlalu letih.

* Kemampuan Diri

Hindari membuat rencana pendakian melebihi kemampuan fisik dan pengetahuan tentang pendakian gunung yang dimiliki, agar target pendakian bisa tercapai.

* Alternatif

Pada saat merencanakan pendakian ada baiknya juga menambah rute cadangan sebagai alternative, jika jalur utama tidak bisa digunakan karena satu dan lain hal.

* Hindari Musim yang Ramai

Hindari mendaki pada musim pendakian yang ramai pengunjung. Pendakian pada musim yang ramai akan membuat kita kurang bisa menikmatinya. Kerusakan alam mungkin bertambah karena ramai para pendaki yang membutuhkan tempat mendirikan tenda.

2. Tips Agar Terhindar Dari Dehydrasi

* Minumlah air sebelum memulai kegiatan fisik.

* Minumlah air sedikit-sedikit secara teratur.

* Minumlah air yang dingin karena mudah diserap oleh usus daripada air yang panas atau hangat.

* Hindari air yang mengandung gula, karena gula menghalangi air menyerap cairan.

* Aturlah semudah mungkin untuk menempatkan botol minum agar mudah menjangkaunya selama perjalanan pendakian.

* Jadikanlah minum air sebagai kebiasaan. Jika haya tergantung pada rasa haus, akan memberikan peluang kepada anda segera terkena dehydrasi. Aturlah waktu minum paling tidak 8 ons atau 236 mililiter air untuk setiap setengahjam dari kegiatan fisik.

* Hindari minuman beralkohol dan yang mengandung cafein. Karena keduanya meningkatkan kegiatan urine sehingga tubuh kehilangan air lewat urine.

Diktat Pumbakala

 
PUMBAKALA site's © 2009 By. Ahmad